Selasa, 08 Oktober 2013

LAPORAN PERJALANAN BAHASA INDONESIA



LAPORAN PERJALANAN

Judul : Perjalanan Study Tour SMP DEK
Waktu : Sabtu, 5 Oktober 2013
Peserta : Kepala Sekolah SMP DEK, Guru-guru SMP DEK, Murid-murid SMP DEK
Lokasi / Tempat : Sawahlunto dan Batusangkar
Tujuan : Untuk melakukan Study Tour
Hasil Laporan :

        Pada hari Sabtu tanggal 5 Oktober yang lau, sekolahku mengadakan perjalanan Study Tour. Tempat yang akan menjadi tujuan kami adalah Sawahlunto dan Batusangkar. Tempat-tempat tujuan di Sawahlunto adalah Museum Kereta Api Mak Itam, Museum dan Lubang Mbah Soero, Gudang Ransoem, dan Iptek Center. Sedangkan tempat-tempat tujuan di Batusangkar adalah Istana Pagaruyung, Batu Batikam, dan Batu Basurek. Pada hari Sabtu pagi tersebut, pukul 7.15, murid-murid, guru-guru,kepala sekolah, dan semua yang akan ikut Study Tour tersebut sudah berkumpul dan siap untuk segera berangkat. Setiap murid memakai baju yang warnanya seragam sesuai dengan kelasnya masing-masing. Kelasku, kelas 8.2, memakai baju warna merah. Kami pergi melakukan Study Tour tersebut dengan menggunakan 5 buah bus pariwisata. Bus-bus itu pun mulai berjalan dan segera berangkat.
        Tujuan pertama adalah Sawahlunto. Guruku bilang, mungkin perjalanan itu akan memakan waktu kurang lebih 3 jam. Kemudian, di bus, aku bersama teman-teman dan guruku menikmati perjalanan dengan hati yang senang. Kami memakan dan berbagi snack, bernyanyi-nyanyi, dan lain-lain. Beberapa lama setelah perjalanan tersebut, akhirnya kami semua sampai di Sawahlunto. Semua bus pun berhenti. Kemudian, guru-guru menyuruh masing-masing murid kelasnya untuk berbaris dan mengerjakan tugas yang telah diberikan. Tugas untuk kelas 8.1 dan 8.2 yang pertama adalah ke Museum Kereta Api Mak Itam. Disana, kami melihat-lihat, berfoto-foto, dan lain-lain.
        Kemudian, kami pergi ke tempat selanjutnya, yaitu ke Lubang Mbah Soero. Pertama, kami ke museumnya. Setelah itu, kami pergi ke lubang tambangnya. Tempat itu cukup sempit, gelap, dan kelihatan menakutkan. Katanya, ada yang melihat hantu di sana. Selesai kami ke Lubang Mbah Soero, kami pergike Gudang Ransoem. Kami mendengarkan perintah pembinanya. Lalu kami pergi melihat-lihat tempat itu. Setelah beberapa lama kemudian, tibalah waktunya untuk makan siang. Tapi, aku dan temanku, Cindy, pergi ke Iptek Center yang berada di dekat Gudang Ransoem tersebut. Disana, banyak benda-benda IPA yang kelihatan menarik. Kami bisa belajar sambil bermain dengan benda-benda yang ada disana.
        Setelah makan siang dan puas bersenang-senang di tempat itu, kami pun memutuskan untuk pergi ke tempat selanjutnya, yaitu Batusangkar. Tujuan pertama di Batusangkar yang menjadi tempat melakukan tugas kami adalah Istana Pagaruyung. Sesampai di Istana Pagaruyung, ternyata museumnya tutup. Karena itu, Kepala Sekolah menyuruh murid-muridnya untuk bersenang-senang di sana. Kulihat guruku memakai sendal yang putus. Ternyata itu sendal Angel, dan Angel memakai sendal guruku. Guru itu baik. Lalu kami berfoto kelas. Setelah itu, aku dan temanku membeli es krim. Teman-temanku yang lainnya pergi mencoba mengendarai kuda. Setelah itu, kami semua berfoto bersama dengan Istana Pagaruyung sebagai latarnya.
        Lalu, kami semua pergi ke tempat tujuan terakhir, yaitu Batu Batikam dan Batu Basurek. Tetapi, karena disana tidak ada tempat untuk parkir, maka kami hanya melihatnya secara pelan-pelan dari dalam bus yang masih berjalan. Akhirnya, selesailah Study Tour kami. Bus kami berjalan menuju Padang, yaitu SMP DEK. Baru setelah itu kami dijemput oleh orangtua masing-masing dari sekolah. Ditengah-tengah perjalanan, kami berhenti di sebuah SPBU. Semuanya turun dari bus karena banyak yang ingin pergi ke toilet, ke mesjid untuk sholat, dan membeli sebuah makanan.
        Setelah itu, kami pun melanjutkan perjalanan. Saat kami ingin memeriksa ada yang tertinggal, ternyata salah seorang dari temanku tertinggal. Dia adalah Sofia. Saat kami menyadarinya dan menghentikan bus, ternyata dia sudah berlari-lari mengejar bus kami. Akhirnya dia menaiki bus. Kami semua tertawa-tawa. Lalu, kami melanjutkan perjalanan untuk pulang yang bersambung ini. Beberapa waktu kemudian, kami pun akhirnya sampai di SMP DEK. Saat itu, waktu telah menunjukkan pukul 8.00 malam. Lalu, aku dijemput oleh pamanku dan abang sepupuku. Lalu aku pun pulang ke rumah dengan hati yang senang. Sungguh perjalanan Study Tour yang menyenangkan. kuharap, kami bisa melakukannya lagi bersama-sama.

 Berikut foto-foto (sumber tercantum)


 http://www.minangkabautourism.info/wp-content/uploads/2012/12/Museum-Kereta-Api.png
http://static.panoramio.com/photos/large/3352796.jpg
 
http://4.bp.blogspot.com/_JzPaed7VN9U/TUaSah25ksI/AAAAAAAAAQA/VhEEC9YqE98/s1600/SL3710084.JPG
 
 
 http://thearoengbinangproject.com/sawahlunto/museum-gudang-ransum-1.jpg



2 komentar:

  1. Maaf anda memangnya tidak menggunakan laporan observasi ya?? :D

    BalasHapus
  2. Cara membuat blog di wordpress planet yang memiliki banyak sekali jenis makanan ini dapat membantu menyegarkan fungsi otak dan sistem saraf pusat yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan masyarakat umum yang telah dilakukan untuk mendapatkan penawaran jual obat pelangsing badan herbal cepat dan mudah untuk dilakukan dan diprioritaskan oleh blogger Indonesia

    BalasHapus