Senin, 23 September 2013

10 Benda Peninggalan Sejarah Minangkabau

1. Alat Musik Tradisional
Musik Minang berkembang sejak lama di masyarakatnya. Musik Minang biasa dimainkan untuk mengiringi berbagai tarian seperti Tari Pasambahan dan Tari Piring. Kebudayaan musik Minang erat kaitannya dengan kebudayaan Melayu. Musik Minang diiringi oleh alat musik tradisional Minangkabau, beberapa di antaranya yaitu seperti bansi, talempong, saluang, rabab, serunai, rebana, aguang, gandang, dan biola. Biasanya musik Minang dibawakan sebagai lagu pantun atau kaba dalam tradisi Minang. Alat musiknya juga telah ditemukan sejak dahulu, yaitu kira-kira sejak masuknya  budaya dari China dan Eropa. Berikut foto alat musik tradisional Minangkabau.

 Bansi

 Talempong

Saluang

2. Perhiasan Leher
Pakaian Bundo Kanduang dilengkapi dengan perhiasan salah satunya yaitu Dukuah (kalung). Kalung yang dipakai oleh Limpapeh Rumah Nan Gadang tiap nagari dan Luhak di Minangkabau bermacam-macam. Ada yang disebut kalung perada, daraham, cekik leher, kaban, manik pualam dan dukuh panyiaram. Ditemukan di 50 Kota, dan sebagian dari Tanah Datar. Asal usulnya dari Sumatera Barat. Gunanya untuk menghiasi leher dan dada Bundo Kanduang.

Bundo Kanduang yang mengenakan Dukuah (kalung/perhiasan leher)

3. Kuningan
Benda-benda kuningan peninggalan Sumatera barat ditemukan di Sungai Puar dan Kabupaten Agam. Digunakan untuk keperluan rumah tangga dan upacara adat. Kuningan juga bahan dasar alat musik talempong.

4. Abak
Abak adalah sejenis perahu yang digunakan oleh Masyarakat Mentawai untuk mencari ikan di sungai.
foto bisa dilihat di (http://gordonbrentingram.ca/studiesdesigns/?p=1264)

5. Papakru
Papakru adalah alat untuk mengupas kulit sagu. Alat ini digunakan oleh masyarakat Mentawai.

6. Nyinyiru
Nyinyiru adalah alat untuk menghaluskan kayu, yang nantinya akan dijadikan pakaian oleh masyarakat Mentawai.

7. Jaraik
Jaraik adalah benda yang dipercaya dapat digunakan untuk melindungi anggota uma dari roh jahat.
sumber foto : http://gordonbrentingram.ca/studiesdesigns/?p=1264

8. Sisip
Sisip adalah sejenis sendok masak yang digunakan oleh masyarakat Mentawai. Sisip terbuat dari tempurung kelapa. Juga digunakan untuk mengambil air.

9. Gagailu
Gagailu adalah benda yang digunakan masyarakat Mentawai untuk makan.

10. Talaktak
Talaktak adalah benda yang digunakan masyarakat Mentawai untuk menyimpan bumbu dapur.



Kebudayaan Minangkabau serta Mentawai masih sangat banyak yang belum tergali dan terekspos secara umum. Dari pengamatan saya secara singkat, bisa dilihat bahwa kebudayaan Mentawai masihlah sangat banyak yang belum dibahas secara umum. Kebanyakan peneliti yang mendokumentasikan kebudayaan Mentawai adalah orang-orang dari luar negeri. Seharusnya sebagai masyarakat Sumatera Barat, kita ikut melestarikan kebudayaan kita dengan cara mencari ilmu tentang kebudayaan kita, lalu membagi ilmu kita kepada orang lain. Salah satu situs yang membahas tentang mentawai adalah situs berbahasa Inggris yaitu mentawai.org.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar